Selasa, Oktober 11, 2011

kegiatan menyambung titik/dot di PAUD kami

melihat dari trafic yang masuk menunjukkan kebanyakan bunda memasukkan kata kunci mengenai lembar kegiatan menyambung titik/dot, maka posting berikut ini akan berbicara sedikit mengenai pengalaman kami dalam kegiatan tersebut.

menurut pengalaman, biasanya kami memberikan lembar kerja kegiatan menyambung titik di semester ke-2. tepatnya di bulan januari. mengapa? karena diharapkan setelah pertemuan 6 bulan di semester pertama, anak sudah mulai terbiasa dan cakap dalam memegang alat tulis. tarikan garisnya tidak berbelok-belok (meski ada tapi sedikit) dan mulai mengerti kemana arah pensil harus bergerak.

biasanya sebelum memberi tugas menarik garis, saya memberikan lembar kerja yang harus dikerjakan di rumah. harapannya supaya anak dapat melakukan latihan sebelum hari dimana ia harus menarik garis sendiri di kelas tanpa bantuan bundanya. berikut beberapa contohnya,


mula-mula siswa belajar menarik garis dari atas ke bawah. setelah 2 kali latihan lanjutkan dengan model menarik garis dari kiri ke kanan. setelah lancar lanjutkan ke bentuk lain seperti ini,



pada bentuk di atas siswa nantinya dibimbing untuk belajar menarik bentuk lingkaran.

satu tips,
selalu berikan latihan yang bisa dikerjakan anak bersama orangtua di rumah.
jangan lupa untuk membuat review dari setiap langkah garis yang sudah dikerjakan.
ingatlah bahwa kegiatan menarik garis bagi siswa ini bukan untuk membuat mereka menjadi mahir menulis, namun hanya sebagai latihan untuk melatih tangan anak agar terbiasa memegang pensil. satu hal yang akan sangat berguna nantinya di kelas yang lebih tinggi.

ok, bunda, selamat berlatih ya.
have a nice day :)

Tidak ada komentar: