Senin, Juni 18, 2012

piko : selalu ada kelebihan di dalam kekurangan

piko adalah satu siswa kami yang 'istimewa'. usianya 4tahunan lebih. sorot matanya tajam. namun maaf, sedikit tidak sempurna pertumbuhan tangan dan kakinya. bicaranya juga tidak jelas atau sedikit cadel. tapi di mata saya ia adalah seorang murid yang sangat luar biasa. belakangan tanpa sadar, sesungguhnya saya banyak belajar dari sikapnya ketika kami saling berinteraksi di sekolah.

kemarin saat pertemuan orangtua saya sampaikan bahwa dibalik semua kekurangan yang dimiliki piko ada satu kelebihan yang selalu membuat saya menangis haru. piko adalah seorang anak yang mandiri. keterbasan fisik tak membuatnya minta dikasihani. bahkan saat kesulitan membuka tutup spidol sekalipun. kadang ketika saya masih repot dengan siswa yang lain, tanpa sengaja saya melihat bagaimana piko dengan susah payah membuka tutup spidol itu sendirian. tidak menggunakan tangannya, tapi dengan menjepit spidol diantara lutut dan dagunya, kemudian mencabut tutup itu dengan mulutnya. ya tuhan, piko.. mengingat ini selalu membuat saya serta merta menjadi cengeng.

bunda, seperti halnya piko dan cinta, kita mungkin tidak selalu bertemu dengan siswa yang sempurna. bila suatu ketika kita harus bertemu dengan anak-anak istimewa ini yakinlah bahwa hal tersebut adalah karunia dari surga. kadang tuhan ingin kita belajar untuk mengenal sesuatu, memahami sesuatu. dengan cara apa? berinteraksi dengan mereka. keluarganya. dan orang-orang di sekelilingnya.

tetap kerjakan pelayanan anda, bunda.
karena apa yang sudah bunda buat itu sangatlah berharga. 
tuhan memberkati pelayanan kita semua!!


Tidak ada komentar: