Selasa, Juli 03, 2012

antara keripik bayam dan sebungkus kacang goreng

nggak seperti biasanya, hari ini terasa begitu panjang dan melelahkan.
mencoba rileks, saya iseng blogwalking alias jalan-jalan di web orang.
klakklik sana sini akhirnya membuat saya nyasar di sebuah blog yang menulis cerita tentang seorang siswa penjual keripik bayam.

setengah berkaca-kaca mata saya membaca kisah itu sampai selesai.
ceritanya persis apa yang saya alami berpuluh-puluh tahun yang lalu.
hanya saja kisah saya itu nyata, bukan cuma cerita khayalan belaka.

sebut saja irul, demikian kami memanggilnya, seorang teman satu kelas di sekolah.
jaman sekolah dasar, apa saja indah di pikiran setiap kami semua.
suatu ketika, irul, membawa sekantong plastik besar barang.
saya lupa bagaimana detilnya, akhirnya kami tahu bahwa itu adalah barang dagangan.
irul berjualan kacang goreng di sekolah!

jujur dari awal saya langsung jatuh iba.
bukannya apa-apa, irul itu teman baik saya.
dan sampai hari itu saya nggak pernah tau kalo hidupnya sedemikian sulitnya.
bukan berarti hidup saya nggak susah juga.. bukan! 
tapi maksud saya, seusia anak sd gitu seharusnya kerjaan kita cuma sekolah
kalo sampe harus berjualan dan nggak malu kaya irul.. itu hebat namanya!!

'nggak usah beli, kalo kamu nggak doyan, la.' katanya satu ketika.
'suka, kok.' semua orang tau saya bohong.
saya nggak pernah doyan makan kacang goreng (hingga saat itu).
tapi tetap saja tiap hari saya beli kacang gorengnya.

kalo engga habis, entah kenapa saya juga suka ikut kepikiran.
'nggak papah nggak abis, rul?'
tak selalu dia menjawab.
tapi aku tau irul menahan tangisnya sendiri.
(menangis itu bukan hanya hak perempuan kan ya,
irul juga bisa menangis walau dia laki-laki)

irul, apa kabarmu, nak?

anyway, hidup ini adalah soal bagaimana menghidupinya.
belajar dari siswa penjual bayam dan irul, saya belajar untuk tetap tegar.
kalau hari ini kita nggak bisa bahagia,
percayalah bahwa suatu saat nanti Tuhan akan membuat kita bahagia!
jadi stop complaining about anything.
sekecil apapun berkat, syukuri apa yang kita dapat.
have a blessed day!!

Tidak ada komentar: