Minggu, Agustus 05, 2012

menulis cerita cinta itu nggak gampang (buat saya)

menulis cerita cinta itu beneran nggak gampang buat saya.  apalagi belakangan ini seperti sedang ingin menulis cerpen sebanyak-banyaknya. saya memang bukan tipe penulis yang baik. beberapa saat lalu saat menghadiri sebuah seminar jurnalistik, sang pembicara menyampaikan bahwa untuk menjadi penulis yang baik seseorang harus menuangkan apa yang ada di kepalanya secara sistematis. outline itu penting. satu saran yang mungkin agak engga mempan bagi saya. sebab menulis bagi saya hanya kesenangan belaka. sekedar menyalurkan hobi. kegemaran yang kalau tidak tersalurkan hanya akan membuat kepala cenat-cenut jadinya.

seperti kebanyakan penulis pemula, saya juga suka menulis cerita cinta. cinta yang nggak penting malah. yah, namanya juga masih pemula. tapi walau kelihatannya gampang, ternyata menulis kisah cinta nggak semudah yang saya bayangkan. seringkali saya harus berpikir ekstra keras untuk menggambarkan sebesar apa cinta tokoh utama saya pada pasangannya. konyolnya suatu ketika saya pernah juga googling dengan memasukkan kata kunci "alasan mencintai seseorang" (hahaaa jadi ketahuan kalo sedikit punya pengalaman pribadi ya). never mind-lah.

buat saya, mencintai seseorang itu kadang tak membutuhkan banyak alasan. suatu ketika mantan pernah bertanya, kenapa saya mencintai dia. sayanya gelagapan. kenapa mencintai itu selalu butuh alasan? buat saya hal seperti itu nggak penting (maaf, lagi-lagi ini menurut saya pribadi). bagi saya mencintai seseorang adalah persoalan satu waktu ketika saya ingin mencintai. itu saja.

paulo coelho, penulis the alchemist, berkata "one is loved because one is loved. no reason is needed for loving." dan saya setuju banget sama isi pikirannya. jadi jangan salahkan bila semua cerita cinta saya kelihatan begitu sederhana. tak ada sisi yang perlu diperjuangkan dalam mencinta, bukan? (ah, benarkah?)

ps: 
another tulisan tanpa outline milik saya.. sekedar membunuh waktu sambil nungguin tukang benerin atap rumah..
juga dimuat di lapak saya @kompasiana.com

Tidak ada komentar: