Selasa, Juni 14, 2011

merencanakan anggaran pesta perpisahan PAUD secara sederhana

tak terasa 1 tahun pelayanan sudah terlewati. biasanya kalau PAUD lain mengisi acara perpisahan dengan melakukan travelling ke keluar kota, tidak demikian dengan PAUD kami. maklumlah PAUD ini kan sebenarnya adalah kegiatan sosial, jadi wajar bila kami tak pernah keluar kemana-mana dikarenakan anggaran yang memang sangat terbatas.

tapi tunggu dulu, meski anggaran sedikit bukan berarti kami tak bisa menyelenggarakan acara pesta perpisahan yang meriah loh. sebab bila sudah berbicara mengenai kata "perpisahan" maka di benak anak-anak yang ada adalah acara PESTA ULANG TAHUN. hurrayy!

berikut merencanakan acara "perpisahan meriah rendah biaya" di PAUD kami

bicara dengan orangtua
rapatkan dengan orangtua mengenai acara yang akan digelar dan kondisi keuangan PAUD anda, mohon kesediaan mereka untuk bahu membahu menanggung biaya. perhatikan bahwa sebagian orangtua siswa anda mungkin sedikit bermasalah dalam hal ekonominya, jadi jangan menekan mereka untuk menyumbang namun tekankan berapapun yang bisa mereka berikan, bunda terima (hal baik agar mereka juga memiliki tanggungjawab terhadap anaknya). bila menurut survey keluarga tersebut benar-benar tidak mampu, barulah bebaskan mereka dari kewajiban menyumbang.

bicara dengan ketua RW anda
bicarakan dengan ketua Rukun Warga dimana bunda tinggal mengenai acara ini. sebagai pelindung PAUD, biasanya dari pihak RW akan memberikan sumbangan :)

mengatur anggaran
anggaran harus diatur sedemikian rupa agar tidak kekurangan. beberapa pos anggaran yang harus ada :
  • pos penerimaan rapor. dalam hal ini bunda harus menganggarkan budget untuk membeli map, pembelian sertifikat/ijazah, hingga transpor mengurus ke dinas pendidikan.
  • pos makanan dan minuman. bunda bisa menyediakan 1 buah kue tart untuk anak-anak dan 2 kue lain untuk ibu-ibu pengantar. untuk minuman, bunda bisa menyediakan es buah, es sirup, atau es kopyor (semuanya jangan menggunakan pemanis buatan ya).
  • pos suvenir. di PAUD kami biasanya suvenir berupa tas dan alat tulis diberikan hanya bagi siswa kelas besar.
  • pos hadiah. saat pesta biasanya kami memilih siswa yang tak pernah bolos sekolah dan beberapa lomba dadakan. pilihlah jenis hadiah yang murah meriah.
  • pos snack pack. 1 plastik snack bisa berisi hingga 9 jenis makanan ringan (boleh menganut filosofi "ganjil itu indah" agar PAUD anda tetap langgeng dan tahan lama ;). berapapun banyaknya sesuaikan dengan budget anda.
  • pos pesta. seperti acara pesta ulang tahun biasa, sediakan anggaran untuk membeli topi pesta, piring kertas, tissue makan, sendok & gelas plastik, sampai balon.
  • pos transportasi untuk mengangkut perbekalan menuju gedung PAUD anda.
  • pos dokumentasi.
  • pos lain-lain untuk biaya tak terduga.
selamat berpesta!

Tidak ada komentar: