Laman

Minggu, Juni 22, 2014

Sering Sakit? Mungkin Ini Sebabnya



‘Kok aku sering sakit ya? Padahal supplemenku juga gak murah,’ ujarnya suatu ketika. Saya prihatin menatapnya. Secara fisik orang yang berdiri di hadapan saya memang tak terlihat lebih ringkih dari saya. Bukan rahasia lagi, semua orang tau ia adalah seorang yang bisa dibilang ‘freak’ kalo urusan kesehatan. Semua ada aturan. Olahraga, makan, minum, supplemen, sampe (maaf) buang air pun rutin terjadwal. Ibarat kata kalo orang lain saat hujan bisa cuek hujan-hujanan, dia sebaliknya, ribet sama payung-lah, jas hujan-lah, mantel-lah, apa saja asal tubuh terjaga. Ironisnya, semakin menjaga kesehatan malah semakin gak sehat ujung-ujungnya.

Rabu, April 23, 2014

Posisi yang Tepat Saat Bergandengan di Jalan



‘Awaaass!!’
Ciiiittt...

Setang motor bergoyang-goyang. Setelah menguasainya sebentar, spontan, ‘Ibu ini gimana?! Gandeng anaknya di sebelah kiri!!’ Melotot (entah ibu itu kelihatan atau tidak), saya mendengus kesal ke arahnya. Ya, orang yang ngamuk-ngamuk pada pejalan kaki itu saya. Begitu cepat kejadiannya. Setelah itu saya bawa motor kembali masuk ke jalan raya dan melanjutkan perjalanan pulang kantor yang tertunda. Bah!
.

Sabtu, April 05, 2014

Nyonya Caleg: Jangan Golput, Please



‘Boleh nitip kalender, nggak?’
‘Kalender apa?’
‘Ini,’ ujar seorang teman sambil menunjukkan sebuah kalender partai yang dihiasi gambar beberapa Caleg DPR RI.
‘Siapa nih?’
‘Psst, suamiku.’
Olalaaaa.
.
Sungguh salut saya dengan teman ini. Suaminya adalah calon legislatif dari salah satu partai besar di negeri kita. Sebagai layaknya seorang istri yang berbakti kepada suami, gencar pula ia membantu melakukan promosi. Yang tak dapat saya bayangkan adalah bagaimana ibu dari tiga bocah yang masih kecil ini harus pandai membagi waktu antara mendampingi si kecil dan menemani suami untuk berdiskusi baik secara tatap muka maupun lewat jalur sosial media. Kadang saya sempat ditunjukkan beberapa argumen dalam perdebatan sengitnya di Facebook dengan beberapa orang yang mungkin kontra dengan pendapatnya. ‘Selama ini pandangan orang tentang politik itu sedemikian kotornya, meski tak sepenuhnya salah, namun ada beberapa pendapat yang keliru tentang bla bla blaaaa,’ demikian ujarnya berapi-api dalam toilet satu ketika. Saya yang sedang merapikan rambut saat itu, karena baru turun dari motor, tinggal manggut-manggut saja mendengarnya, ‘Ya...Ya...Yaa.’

Senin, Maret 10, 2014

Manfaat Tanaman Bunga Rosella



Pengalaman endoskopi gara-gara radang tenggorokan bagi saya benar-benar menyisakan trauma yang dalam. Yup, lima tahun lalu saya pernah pindah tidur dari kamar sendiri ke rumah sakit gara-gara nyeri telan. Dokter bilang nama penyakitnya adalah Faringitis Akut. Penyebabnya bisa karena virus, kuman, atau alergi. Kasus saya sendiri menurut dokter disebabkan oleh alergi. Gejala awalnya panas tinggi disertai rasa nyeri yang luar biasa di tenggorokan. Sempat ada darah yang bercampur lendir keluar dari tenggorokan saya. Semua makanan tak bisa tertelan, jangankan menelan makanan, air liur sendiri yang mau lewat sana saja rasanya sudah nggak karu-karuan. Begitu dirujuk untuk pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit, dokter malah gak mengijinkan saya pulang (ngamar ngamaaarrr).

Gerak dan Lagu : Cara Terbaik Memahami Sebuah Kata Sederhana



Satu ketika seorang bunda, guru TK, mengajarkan lagu ini di kelas PAUD kami. Lagu yang mudah dihafalkan nadanya dan mengandung unsur pembelajaran yang sangat gampang dipahami oleh  usia anak-anak kita.

Minggu, Maret 09, 2014

Menyulam di Kelas PAUD? Mengapa Tidak?



Bunda, satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk melatih kekuatan jemari tangan para siswa anda adalah dengan mengajak mereka untuk berlatih menyulam. Memang bukan kegiatan menyulam dalam arti yang sebenarnya (menggunakan jarum, kain, dan benang) melainkan tetap menggunakan benang namun dengan kertas karton sebagai medianya.

Rabu, Februari 12, 2014

Bunda, Tidak Ada Tangan Yang Bagus atau Tidak Bagus, Ya



‘Ayo, pake tangan bagus, sayang,’ ujar seorang bunda pada putranya satu ketika saat saya membagikan permen setelah acara PAUD usai.
.
Bunda, mungkin diantara kita menganggap bahwa kata-kata dalam ucapan tadi sudah lazim alias terbiasa terdengar di telinga kita. Namun tahukah anda bahwa ada sedikit kata yang perlu dikoreksi dalam kalimat itu?