belajar berulang ala PAUD

minggu lalu farell, 4tahun, siswa PAUD kami mengalami kesulitan belajar berhitung. di usia ini seharusnya konsep berhitung dan memahami angka sudah harus dikuasainya. aku pun mendekati ibunya dan memberikan beberapa saran. waktu itu sang ibu cuma manggut2.

hari ini setelah satu minggu pertemuan itu..
farell : bunda, aku sekarang sudah pinter lo, bunda
aku : o, ya.. sudah pinter apa?
farell : aku pinter berhitung! di rumah aku belajar berhitung kaki kuda!

bagus!
kunci dari keberhasilan ini adalah pemahaman bahwa dalam proses belajar anak usia balita segala sesuatu harus terus dilakukan secara berulang dan kontinyu. dengan selalu mengulang satu materi maka secara bertahap anak akan dapat dengan mudah menangkap maknanya. oleh karenanya peranan orangtua sangatlah penting. sebab waktu anak bergaul dengan orangtua di rumah jauh lebih banyak daripada jumlah waktu/jam pertemuan di sekolah. apabila orangtua bisa mengatur jam belajar anak sedemikian rupa niscaya anak akan dapat mengucapkan dengan lebih percaya diri bahwa "aku pintar!".

selamat melayani.




Komentar