Laman

Senin, Maret 14, 2011

mengajar PAUD usia 3-4tahun

mengajar PAUD usia 3-4tahun
by leilla

mengalami kesulitan mengajar kelas PAUD usia 3-4tahun seorang diri? bila ya, mungkin anda bisa menerapkan beberapa trik berikut :

  1. sebelum masuk ke dalam kelas, biasakan anak berbaris terlebih dahulu.
  2. anak harus duduk dengan rapi di kursinya masing-masing. gunakan tepuk tangan atau hitungan untuk menarik perhatian mereka.
  3. bila ada 1 atau 2 orang anak yang menangis, tinggalkan bersama ibunya. konsentrasi anda harus tetap bersama anak-anak yang tidak menangis.
  4. bacakan sebuah buku cerita. gunakan berbagai macam suara dalam mendongeng. selipkan beberapa pertanyaan "ya" atau "tidak" agar anak terus mengikuti apa yang anda katakan.
  5. setelah bercerita, berikan 1 kegiatan yang melibatkan konsentrasi mata dan tangan, misal : menarik garis/menyambung titik.
  6. bila sudah selesai, anak harus menunjukkan hasil kerjanya pada orangtua, baru kemudian pekerjaan itu dikumpulkan.
  7. lanjutkan dengan kegiatan menempel atau mewarnai. anak-anak sangat menyukai kegiatan ini.
  8. ulangi tips nomor 6.
  9. akhiri kegiatan belajar dengan mengulang apa yang sudah mereka pelajari hari itu. usahakan tidak menggunakan kalimat-kalimat yang panjang agar anak mudah mengingat.
  10. bariskan anak. sebelum pulang biasakan anak mengucapkan kata-kata dalam bahasa asing misalnya good morning & thank you (semakin hari anda bisa menyisipkan beberapa kata baru dalam bahasa asing yang lain).
nah, dengan menggunakan trik di atas mudah-mudahan 1,5 jam pertemuan anda dengan anak akan berjalan dengan lancar tanpa kendala. yang harus diingat adalah bila di dalam kelas terdapat 1 atau 2 anak yang menangis, jangan panik. yang perlu anda lakukan hanya mengantar anak tersebut pada orangtuanya kemudian kembali lagi berkonsentrasi pada siswa yang sudah bersiap di kelas anda. jangan sampai mengabaikan 10 orang atau lebih siswa yang tidak menangis dengan 1 atau 2 siswa yang bermasalah.

ok, bunda, jangan pernah berkata tak sanggup yaaa
sebab hidup itu adalah tentang melayani

Tidak ada komentar: