Senin, April 18, 2011

lagu favorit siswa PAUD-ku

ternyata bukan hanya orang dewasa saja yang memiliki lagu favorit, anak-anak juga bisa mempunyai lagu kesukan mereka sendiri. secara umum anak-anak memang suka bernyanyi, namun tanda-tanda kesukaan mereka pada lagu-lagu tertentu sangatlah mudah dibaca. di tempat kami, setiap pertemuan biasanya kami menyanyikan kurang lebih 10 lagu. lagu tersebut dipilih sesuai kemudahan syair dan nada yang gampang diingat serta yang dapat membangkitkan semangat anak untuk belajar. namun diantara ke-10 lagu tersebut ada 3 lagu yang sangat disukai oleh siswa kami. berikut lagu-lagunya :

tepuk tangan semua
angkat kaki satu dua
ke atas tangan kita, di pinggang ke duanya
badan kita bungkukkan, yang rajin wahai teman
berdiri dengan tegap, balik kanan serentak
balik kiri serentak

di hutan ada rumah
didiami pelanduk, datang seekor klinci, mengetuk pintu
tok tok tok
planduk planduk tolonglah
aku mau ditembak
klinci klinci masuklah ulurkan tangan, dor

di akhir kegiatan senam dan menyanyi bersama, kami memiliki lagu wajib seperti berikut,

kalau kau suka hati tepuk tangan
kalau kau suka hati tepuk tangan
kalau kau suka hati tepuk tangan
kalau kau suka hati
mari kita lakukan
kalau kau suka hati tepuk tangan

lagu diatas sangatlah mudah divariasikan. biasanya kami memilih kata-kata yang mudah ditirukan oleh anak, seperti : bilang hore, bilang bunda, dan lain-lain. setiap menyanyikan lagu ini, siswa di tempat kami bisa berteriak, melompat, dan bertepuk tangan dengan semangat. selesai menyayikan lagu ini siswa diberi kesempatan untuk istirahat minum dulu sebelum kegiatan belajar dimulai.

membiasakan diri memiliki “tanda-tanda” sebelum belajar sangat membantu siswa kami untuk dapat menenangkan diri. setelah istirahat minum anak biasanya langsung berbaris untuk kemudian masuk ke kelas dan mulai mencari tempat duduknya sendiri. biasanya setelah duduk anak sudah sangat siap untuk memulai kegiatan.

jadi, bunda, temukan lagu-lagu yang dapat difavoritkan oleh siswa anda ya. karena begitu besar kekuatan sebuah lagu bagi tumbuh kembang seorang anak.

tetap semangat melayani!

Tidak ada komentar: