Laman

Selasa, April 12, 2011

tips memilih lagu-lagu untuk PAUD

tips memilih lagu-lagu untuk PAUD
by leilla

menyanyikan lagu adalah hal yang wajib dilakukan di setiap pertemuan PAUD. dengan kegiatan bernyanyi anak-anak dapat mempelajari kata-kata dan gerakan-gerakan baru yang mungkin belum pernah mereka dengar sebelumnya (karena kebanyakan siswa kami berasal dari suku Jawa-Surabaya).

biasanya setelah senam bersama, tetap dalam lingkaran, bunda dapat mulai menyanyikan lagu yang diiringi dengan gerakan. pilihan lagu-lagunya diantaranya adalah sebagai berikut :
1. naik kereta api
2. ibu jari berkata
3. di hutan ada rumah
4. dua mata saya
5. topi saya bundar
6. jari dan jempol tangan digoyang
7. up and down
8. kalau kau suka hati
9. satu lagu sesuai tema hari itu (misalnya : bangun tidur, tik tik hujan, dll)
10. gelang sipato gelang (pada saat pulang)

sebagai catatan, kami tidak banyak menambah lagu-lagu baru. mengingat jam belajar kami yang hanya 2 kali pertemuan setiap minggu. bila kondisinya seperti ini, bunda bisa memilih lagu-lagu yang mudah diingat saja. disarankan agar syair lagu tidak terlalu panjang dan menggunakan kata-kata yang sulit dilafalkan, sebab pada sesi ini semua siswa mulai usia 2 hingga 4 tahun dikumpulkan menjadi satu. jadi carilah alternatif lagu yang mudah untuk dinyanyikan.

dalam bernyanyi bunda harus tetap melakukan eye contact dengan anak-anak. menyanyilah dengan gaya anak-anak. bila harus berputar, bunda juga harus berputar. bila melompat tinggi bunda harus juga melompat tinggi. sesekali bunda dapat berhenti bernyanyi untuk mendengar seberapa keras siswa anda sudah bernyanyi. bila perlu, berikan aba-aba agar anak bernyanyi dengan lebih bersemangat.

sesungguhnya anak-anak adalah peniru yang sangat baik. bila anak melihat bunda menyanyi sambil bergoyang maka mereka akan melakukan hal yang sama. sebaliknya bila bunda menyanyi dengan tidak bersemangat anak-anak juga dapat merasakannya dan mulai berulah.

nah bunda, menyenangkan sekali melihat si kecil usia 2-4 tahun ini mulai menggerakkan tangan, kaki, dan bibirnya mengikuti lagu-lagu kita. namun jangan resah bila terdapat 5-6 anak yang hanya diam berdiri saja. anak-anak tetap bisa belajar meski hanya dengan melihat saja. demikian juga bila terdapat beberapa anak yang keluar dari lingkaran, mereka tetap dapat mendengar lagunya meski tidak berada dalam lingkaran tersebut.

oke, selamat bernyanyi ya, bunda
tetap semangat melayani!

Tidak ada komentar: