ardian, sebut saja namanya begitu

hari ini seseorang mengingatkanku pada kejadian 12 tahun lalu. saat itu aku masih baru lulus kuliah dan langsung bekerja di sebuah sekolah dasar. aku yang tak berbekal ilmu pendidikan harus langsung berhadapan dengan siswa dan mulai mengajar.

suatu ketika aku bertemu ardian, sebut saja namanya begitu, seorang anak laki-laki yang manis dan sangat spesial. ardian siswa kelas 2 dan (maaf) bibirnya sumbing. setiap melihat ardian aku selalu ingin menangis. ia terlihat sangat tidak percaya diri. ardian sedikit mengalami kesulitan dalam berbicara. ia juga mengalami sedikit kesulitan saat berkomunikasi dengan teman-temannya. ketika bercakap-cakap dengannya, beberapa kali aku memintanya untuk mengulang beberapa perkataan. ardian sungguh bersusah payah untuk bisa berbicara dengan "normal".

suatu ketika aku menugaskan ardian memegang counter pengunjung. ardian harus bertanggungjawab menghitung jumlah pengunjung yang masuk perpustakaan saat jam istirahat. ia sangat senang. tak ada jam istirahat yang terlewat tanpa memegang counter. saat itu pemegang counter pengunjung adalah jabatan yang dianggap istimewa oleh para siswa.

sungguh saat itu tujuanku hanya untuk membantu ardian agar tidak murung lagi. selain itu aku juga ingin agar teman-temannya bisa lebih menghargainya. tapi di luar dugaan saat penerimaan raport, orangtuanya yang dosen berkata bahwa ardian sangat senang diberi kepercayaan menjadi pemegang counter. dengan mata berkaca-kaca ibunya mengatakan bahwa setiap hari di rumah ardian tak pernah berhenti bercerita mengenai tugas barunya. ardian menjadi lebih percaya diri dan tak murung lagi. terlebih dari itu ia sangat bahagia.

bunda, tak selamanya kita bertemu dengan orang-orang yang sempurna. namun satu hal, sudah sepantasnya kita memperlakukan para siswa kita dengan perhatian dan cinta yang sama. anak-anak selalu membutuhkan dorongan semangat dan cinta kasih kita.

ingatlah bahwa satu hal cinta kasih terkecil sekalipun yang bunda lakukan hari ini, akan sangat berguna bagi anak-anak kita di kemudian hari. tetap semangat melayani!

Komentar

ely_cute1487 mengatakan…
Saya sangat setuju dengan pendapat bunda. Hal kecil yang kita lakukan buat anak kita akan membawa dampak besar baginya dikemudian hari baik itu hal yang positif ataupun negatif. Oleh sebab itu marilah kita selalu berlaku positif pada semua anak - anak demi membangun masa depannya... :)
playgroup mengatakan…
benar sekali pendapat, bunda.. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.. salam kenal.. selamat melayani..