Rabu, Mei 18, 2011

faringitis, penyakit gampang-gampang susah

beberapa hari lalu penyakit nyeri telanku kumat. menurut dokter ini adalah faringitis. faringitis sendiri adalah suatu penyakit radang yang menyerang tenggorokan. radang ini bisa disebabkan oleh virus atau kuman. daya tahan tubuh yang buruk atau lemah mengakibatkan tubuh tak dapat mengantisipasi datangnya serangan virus atau kuman tadi, sehingga yang terjadi adalah tubuh menjadi demam, panas tinggi hingga kisaran 38 derajat, dan nyeri telan berkepanjangan.

biasanya saat gejala ini mulai datang, aku segera mengkonsumsi antibiotik dan tablet penurun panas. tapi yang terjadi kemarin memang sudah diluar kesanggupan tubuhku menahan rasa sakit. seperti biasa kembali aku mengeluarkan, maaf, gumpalan lendir kenyal kecoklatan disertai warna merah darah segar. setelah berkunjung ke dokter, aku mendapat beberapa obat racikan dan obat batuk. dokter bilang tenggorokanku lecet sehingga darah dan lendir yang keluar adalah wajar. tak perlu khawatir.

setelah 5 hari mengkonsumsi obat, tenggorokanku memang belum sepenuhnya pulih, namun rasa nyeri saat menelan sudah sangat jauh berkurang. saat makan bila tak sengaja terkena sambal, tenggorokan ini rasanya seperti terbakar. makan coklat yang seharusnya memberi efek lega juga membuat tenggorokan kembali terasa nyeri. bila sudah begini, yang harus dilakukan adalah banyak minum air putih dan bersabar. menunggu hingga luka di bagian tenggorokan itu benar-benar pulih kembali.

yang harus diingat bila tubuhmu sangat mudah terkena penyakit radang tenggorokan ini,
  • allergy alert. kau harus lebih berhati-hati memilih makanan. kenali beberapa jenis makanan yang bisa memperparah nyeri dalam menelan. saya pribadi mengalami sedikit masalah dengan beberapa coklat tertentu. biasanya coklat block atau coklat siram bisa memperburuk keadaan. bahkan kandungan coklat dalam sebuah wafer juga bisa menjadi salah satu biang kerok menggilanya penyakit ini.
  • selain itu perhatikan jenis air yang dikonsumsi, apakah itu air ledeng atau air dalam kemasan/gelas/galon/soft drink/dll. saat sakit, meminum air putih adalah pilihan yang paling baik.
  • jangan meminum es terlalu banyak.
  • gorengan? no way, kurangi sebanyak yang kau bisa.
  • waspadai debu-debu yang beterbangan atau debu karena udara lembab.
  • satu lagi, cuci tangan sebelum makan. sebab sedikit saja kuman yang masuk di saat daya tahan tubuhmu jelek, maka dalam hitungan jam saja hampir dapat dipastikan kuman penyebab nyeri telan akan mulai beraksi.
  • anda merokok? bila ya, hati-hati sebab salah satu penyebab faringitis juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan buruk ini.
jadi ketika antibiotik tak juga meredakan masalahmu, segera kunjungi dokter.
semoga selalu sehat.

Tidak ada komentar: