Laman

Kamis, Mei 26, 2011

kapan waktunya belajar menulis huruf latin tegak bersambung?

menurut pengalaman pribadi, seorang anak mulai dapat belajar menulis huruf tegak bersambung di kelas TK B atau 6 tahun. di usia tersebut diharapkan motorik halus anak dalam hal tulis menulis sudah sangat siap dan tangan sudah terbiasa bergerak dan kuat untuk melakukan kegiatan menulis yang lebih rumit. meski demikian, usia ini bukanlah satu patokan yang mutlak, sebab kemampuan setiap anak belum tentu sama adanya.

secara umum bunda dapat mulai memperkenalkan menulis huruf latin setelah anak mampu menulis huruf a sampai z dengan baik (dalam pengertian tulisan benar dan tarikan garisnya tegas dan tidak berbelok-belok seperti gemetar). selain itu anak telah menguasai teknik berhitung menggunakan jari 1+1 sampai 10+10 dan harus dapat menulis hasil penjumlahan tersebut dengan baik.

setelah bunda yakin bahwa anak telah siap untuk belajar menulis halus, sediakan sebuah buku halus dan tulis secara berjajar 3 contoh huruf "a". minta putri anda untuk menulis huruf yang sama sebanyak 5 baris saja. sehingga total ia harus menulis sebanyak 15 huruf. jangan khawatir bila anak tidak dapat menulis kesemua huruf sekaligus di jam yang sama. bunda dapat memberikan tugas ini sebanyak 2 kali seminggu. lakukan secara rutin, misalnya hari selasa dan kamis. diluar hari tersebut biarkan putri anda beristirahat dari kegiatan menulis halus agar tidak terlalu lelah (menulis halus bagi anak TK merupakan satu kegiatan yang sangat melelahkan).

setelah 3 atau 4 kali belajar, bunda bisa menambahkan satu huruf lagi. "b". demikian seterusnya hingga huruf yang terakhir. jangan terburu-buru memperkenalkan huruf latin kapital/besar, lakukan secara bertahap saja agar anak tidak bingung.

seperti yang disebut diatas, oleh karena setiap anak tidak sama kemampuannya maka jangan terlalu memaksa anak untuk melakukan apa yang bunda inginkan (menulis halus). ia harus tetap menikmati setiap jam belajarnya dengan gembira. bila perlu bunda harus menggunakan beberapa permainan.

belajar menulis halus dapat melatih putra putri anda untuk lebih tekun, rapi, dan teliti. satu nilai positif yang akan sangat berguna bukan?

Tidak ada komentar: