Jumat, Mei 20, 2011

klasifikasi, permainan penting bagi usia PAUD 2-3 tahun

mengklasifikasi benda menurut bentuk dan warnanya sangat baik untuk melatih konsentrasi para siswa. biasanya di kelas kami anak-anak sangat menikmati kegiatan ini. sebab dalam sesi ini mereka tidak hanya boleh berlari namun mereka juga harus membawa satu benda sesuai dengan yang diminta oleh para bunda.

beberapa benda yang dapat digunakan dalam kegiatan ini adalah :
  • kancing ukuran besar. mengapa harus besar? agar anak tidak mudah memasukkan kancing-kancing kecil ke dalam mulut,telinga, atau bahkan hidung mereka. gunakan berbagai bentuk kancing ukuran besar dalam berbagai macam warna.
  • keong. kami memiliki beberapa jenis keong dengan berbagai motit menarik. bila seorang bunda sudah memegang kaleng keong ini, siswa selalu berebutan untuk menjadi orang pertama yang melakukan kegiatan ini.
  • biji-bijian. kami bisa mendapat beberapa jenis biji-bijian ini di toko suvenir.
  • balok-balok aneka warna.
  • dll
sebelum melakukan kegiatan klasifikasi :
  1. bunda menyiapkan berbagai benda ke dalam piring-piring plastik, masing-masing 1 buah.
  2. siapkan sebuah meja dengan beberapa piring yang diisi oleh sebuah benda saja. misalnya 1 piring berisi kancing merah, 1 piring lagi berisi keong, dan 1 piring lagi berisi biji.
  3. bariskan siswa.
  4. berikan piring yang sudah berisi aneka benda, dan minta mereka untuk meletakkan masing-masing benda sesuai dengan contoh yang ada di meja.
  5. demikian lakukan berulang-ulang hingga selesai.
bila bermain dengan balok warna :
  1. buat lingkaran, letakkan satu balok warna dalam lingkaran.
  2. bariskan siswa.
  3. minta mereka untuk berlari membawa balok dan meletakkan dalam lingkaran sesuai dengan warnanya.
kegiatan ini bisa bunda lakukan setiap 1 bulan sekali. jangan ragu untuk menggunakan variasi bahan agar anak-anak tidak mudah bosan. have fun!

Tidak ada komentar: