Jumat, Juni 03, 2011

pentingnya membiasakan anak mengucapkan kata "terima kasih"

'terima kasih' adalah sebuah kata sederhana namun memiliki kuasa. apalagi bila ucapan tersebut diucapkan dengan hati yang tulus, akan tampak jelas perbedaannya. namun tahukah anda bahwa ketika anak semakin tumbuh berkembang hingga remaja dan menjadi dewasa, ucapan terima kasih ini tidak serta merta begitu saja bisa keluar dari bibirnya? mengucap kata 'terima kasih' (selain tolong, maff, dll) adalah satu hal yang perlu dibiasakan sejak usia dini.

pada masa kanak-kanak biasanya anak mengucap kata penting ini terutama ketika mereka mendapatkan sesuatu dari orang lain. sesuatu itu dapat berarti ketika mereka mendapat hadiah, permen, makanan, atau barang berharga yang lain. seiring berjalannya waktu anak perlu mendapatkan pengertian bahwa mengucap terima kasih bukan hanya pada saat kita mendapatkan sesuatu benda atau materi yang kelihatan saja, namun juga ketika kita menerima kebaikan dan pertolongan orang lain. meskipun itu merupakan kebaikan yang sudah sepantasnya kita terima sebagai akibat kita membayar jasa mereka (seperti kebaikan dari tukang becak yang mengantar kita ke tempat tujuan, atau tukang sayur, waiter di restaurant, dll)

dengan belajar mengucapkan kata terima kasih tanpa disadari anda telah menanamkan satu sikap untuk dapat mengucap syukur atas segala hal.

orangtua harus selalu menjadi teladan yang baik bagi anak-anak.

dengan kata lain,
orangtua adalah patron yang sempurna

dan anak anda adalah siapa anda

have a nice weekend!

Tidak ada komentar: