Selasa, Juni 07, 2011

PMT (pembagian makanan tambahan) di PAUD kami

pembagian makanan tambahan biasanya diberikan saat penimbangan balita oleh ibu-ibu posyandu di lingkungan rw (rukun warga) kami. jenis pmt yang dibagikan biasanya yang bersifat makanan sehat seperti sup, kacang hijau, mie, sayur kacang merah, susu kedelai, dan lain sebagainya.

di PAUD kami awalnya pembagian pmt diberikan hanya untuk menarik agar anak-anak mau bersekolah. namun akhirnya kegiatan pembagian makanan ini menjadi satu hal yang harus ada di setiap akhir pertemuan rutin. namun karena pertimbangan efisiensi, maka kami membagikan makanan yang bersifat instan saja. tidak melampaui proses memasak yang membutuhkan banyak waktu. oleh sebab itu kami tidak lagi menyebutnya sebagai pembagian makanan sehat namun pembagian makanan ringan :)

adapun jenis pmt yang biasanya dibagikan adalah jajanan yang sudah sangat umum beredar di pasaran dan sudah dikenal baik oleh anak-anak. seperti misalnya aneka biskuit, permen, wafer, dll. kadang kami tidak hanya membagikan makanan namun juga mainan, namun tetap dengan harga yang sangat terjangkau.





prinsip pemilihan pmt ringan di PAUD kami adalah :

produsen jajanan
paling tidak jajanan yang kita pilih berasal dari produsen yang jelas dan sudah dikenal oleh masyarakat luas.

tanggal kadaluarsa
jangan membeli makanan ringan yang kurang dari 3 bulan mendekati berakhirnya masa kadaluarsa. pertimbangannya karena tenggorokan anak-anak masih rawan terkena radang dan infeksi.

harga
karena anggaran yang sangat terbatas, biasanya kami memilih makanan yang tidak terlalu mahal.

Tidak ada komentar: