Laman

Senin, Juni 27, 2011

rencana pengajaran paud : lembar kerja

by leilla

berikut model penyusunan rencana pengajaran/rpp secara sederhana di paud kami.


kegiatan ini lebih menyenangkan
bila dilakukan dengan orangtua masing-masing


setiap lembar kerja diatur menurut tema. satu tema bisa dibahas 2 hingga 4 kali. adapun lembar kegiatan yang dikerjakan disesuaikan dengan tema yang bersangkutan. jangan takut untuk melakukan improvisasi dalam membuat lembar kerja, berikut beberapa tips-nya :
  • sebelum merancang sebuah lembar kerja, pastikan bahwa segala kegiatan PAUD ini bertujuan untuk melatih motorik siswa. jadi cari kegiatan yang banyak melibatkan koordinasi mata dan tangan seperti menempel, menyobek, menarik garis, dll.
  • cari sebanyak mungkin referensi materi dari berbagai sumber. baik dari buku-buku, majalah, maupun internet.
  • gunakan banyak gambar yang menarik dan sebaiknya tidak memberi tugas yang terlalu rumit seperti origami lebih dari 5 langkah, menarik garis menurut susunan huruf, dll.
  • jangan lupa mencantumkan referensi sumber darimana materi anda berasal.
  • atur materi dengan asumsi awal tahun pelajaran di bulan juli hingga akhir tahun pelajaran di bulan juni. jangan khawatir bila materi anda tidak tersampaikan sesuai jadwal karena liburan, misalnya. bunda dapat mengatur agenda sedemikian rupa sehingga seluruh tema dapat tetap diterima oleh anak-anak.

yang harus diingat bahwa lembar kerja ini bukanlah satu-satunya materi pengajaran yang bisa bunda gunakan di kelas. ada banyak kegiatan motorik kasar lain yang juga penting dari sekedar mengasah motorik halus anak. sebab di dalam paud, para siswa harus mendapat porsi pengajaran secara seimbang.

o ya, di paud ini kami juga tidak mengajarkan anak untuk menulis huruf dan angka. pola pengajaran kami lebih ke arah bagaimana mempersiapkan anak agar lebih mandiri dan tangan mereka dapat lebih kuat memegang pensil. jadi kegiatan melatih motorik halus yang kami lakukan lebih banyak membiasakan tangan bergerak supaya di usia taman kanak-kanak nanti mereka sudah siap untuk belajar menulis.

selamat melayani!

Tidak ada komentar: