awal tahun pelajaran baru

hari pertama masuk sekolah..
siswa yang mendaftar belum terlalu banyak, hanya 18-an orang. maklumlah minggu pertama kami kemarin sekaligus juga adalah persiapan awal puasa, jadi wajar bila banyak ibu-ibu yang belum mengetahui bahwa PAUD kami sudah mulai membuka pendaftaran.

hmm, kira-kira muridku hingga bulan desember nanti tercatat hanya 5 orang. benar-benar kelas yang ideal. entah mengapa setiap tahun aku selalu berdoa agar Tuhan benar-benar memberiku kelas yang ideal, dalam pengertian tidak terlalu banyak siswanya. bukan bermaksud untuk membatasi kebesaran Tuhan, namun aku juga harus bertanggungjawab atas penyampaian ilmuku untuk anak-anak.

bagiku perbandingan kelas ideal dengan 1 orang tenaga pengajar paud adalah untuk 5-8 anak, tidak lebih. bila kelas harus kukelola sendiri masakan harus memaksakan diri untuk mengajar lebih dari 12 orang anak? aku bukan orang yang seperti itu.

kebanyakan siswa yang mendaftar kemarin rata-rata sedikit nanggung usianya. aku memilih mereka yang benar-benar mendekati usia 4tahun untuk masuk ke kelas paud besar. mereka yang masih berumur 3 hingga 3,6 terpaksa kuminta menunggu hingga bulan desember. kuberi pengertian pada orangtua agar mereka sedikit bersabar menanti sampai anak mereka benar-benar sudah siap masuk ke kelas besar.

tuntutan di kelas besar kami tidaklah mudah. harus kupastikan bahwa anak usia 4 atau mendekati 4tahun sudah memiliki kematangan atau kemandirian yang cukup untuk berinteraksi secara mandiri di kelas. bila anak sudah mengerti perintah maka aku akan mudah melakukan tugasku mentransfer ilmu. disamping itu anak juga akan lebih fokus dan lebih mudah menyerap apa-apa yang diberikan saat itu.

selamat datang murid-muridku,
kalian ladang pelayanan yang dikirim Tuhan buatku
terima kasih, Tuhan..

Komentar

Anonim mengatakan…
selamat pagi..... pagi ini saya membaca blog anda, semua yang anda tulis rasanya persis dengan apa yang saya hadapi akhir2 ini. saya juga sedang mengurusi paud non lomersial di desa saya.saya ingin kita berdua bisa berbagi mengenai perjalanan Paud kita. Bolehkah saya berkenalan dengan anda? Nama saya Edna wilda, tinggal di sleman. atau kita bisa saling berteman di fb...email saya edna.wilda@yahoo.com. saya tunggu kabar dari mbak leilla. Tks
playgroup mengatakan…
pagi juga.. terima kasih sudah mampir ke blog saya.. senang berkenalan dg mbak edwina, apalagi nantinya bisa berbagi pengalaman bersama. ok, sy sudah catat email contactnya, sampai ketemu nanti yaa.. selamat melayani :)