bermain bangun-tidur (cara jitu meredakan kegaduhan di kelas PAUD anda)

semula aku mengira jumlah siswa baru kelas besar kami tahun ini hanya 5 orang, tapi ternyata dugaanku meleset. di bulan september, setelah hari raya, para ibu berbondong-bondong mendaftarkan anaknya. jadilah kelas kami gemuk seperti tahun-tahun sebelumnya, 15-an anak, nah lo!

hari yang sibuk kemarin kami belajar tentang rumah. seperti biasa aku memberi pengantar mengenai cara-cara menempel rumah. mengelola kelas seorang diri dengan jumlah lebih dari 10 anak usia 3,6 hingga 4tahun memang bukan satu perkara yang mudah. apalagi bila harus menyiapkan alat dan bahan yang kira-kira memakan waktu hampir 5menitan, duh, puyeng!

sebelum mulai menempel biasanya kelas kubuka dengan bercerita. karena tema hari itu adalah rumah, maka aku sedikit berimprovisasi mendongeng mengenai simon (si monyet) yang berkunjung ke rumah mosi pada saat terik matahari. kukaitkan bahwa rumah berguna untuk melindungi kita dari panas, hujan, bahkan untuk beristirahat di siang dan malam hari.

melihat gambar keluarga yang sedang tidur tiba-tiba saja terbersit ide untuk bermain bangun-tidur (sebenarnya ini akal-akalan saja agar anak-anak bisa tetap tenang sementara aku menyiapkan alat dan bahan untuk menempel, hehe).

ketika kuberi aba-aba hari sudah malam, anak-anak segera menempelkan kepala mereka ke meja dan berpura-pura tidur. aku bahkan meminta mereka untuk memejamkan mata! setelah bahan-bahan siap, segera kutirukan suara ayam, kukuruyuuuuuuukkk, dan merekapun bangun. taraa, akupun siap menjelaskan materi kegiatan berikutnya.
berminat mencoba?

Komentar