Selasa, Oktober 18, 2011

KONSISTENSI, satu teladan yang sangat berguna bagi siswa PAUD anda

keterikatan mengajar UT (universitas Terbuka) setiap hari minggu mau tidak mau membuat saya sementara meninggalkan semua kegiatan PAUD. namun berhubung silabus sudah ditangan orang yang tepat, ibu saya, maka saya percaya beliau bisa melakukan semua hal yang sudah tercantum dalam silabus kami dengan baik.

yang menarik, sepulang saya dari madiun saya selalu bertanya bagaimana kegiatan dengan anak-anak hari ini. tadinya saya berpikir ibu yang sudah berusia 68tahun akan kewalahan mengasuh sebanyak 13 orang anak sendirian. tapi jawabannya sungguh mengejutkan, "bagus, anak-anak nurut semuanya." menurut ibu saya, sejak masuk ke dalam kelas hingga mengerjakan lembar kerja anak-anak bisa berkelakuan sangat manis dan tidak berulah. mereka dapat mengikuti arahan ibu dengan baik.

nah, tahukah bunda, apa kunci keberhasilan metode ini?
ketahuilah bahwa anak selalu membutuhkan aturan yang konsisten agar mereka tidak bingung. dalam menyampaikan materi bunda dapat membiasakan anak-anak untuk mengikuti aturan yang sudah bunda tetapkan. jangan berubah-ubah.

misalnya, setelah masuk ke dalam kelas bunda langsung membacakan cerita. hal ini membiasakan mereka untuk duduk tenang dan mendengar apa yang bunda sampaikan. setelah itu bunda mengajak mereka menuju meja kerja dan membiarkan mereka berdiri mengelilingi bunda. lalu beri kesempatan mereka untuk melihat apa yang harus mereka kerjakan selanjutnya. bunda memberi satu contoh agar mereka bisa meniru. membiarkan siswa berada di sekeliling bunda akan membuat mereka paham apa yang bunda inginkan ketimbang menjelaskannya sambil berdiri di depan kelas.

setelah itu beri waktu bagi mereka untuk mempersiapkan diri. kemudian minta mereka untuk mengambil sendiri lembar kerja dan seterusnya. setelah selesai minta siswa untuk menunjukkan hasil kerja mereka pada orangtuanya.

saat persiapan pulang, biasakan anak mendengar aba-aba seperti hitungan, lalu bunda menyanyikan lagu yang sama untuk mengantar mereka pulang. membiasakan mendengar aba-aba yang sama membuat anak dapat mengendalikan dirinya sehingga segera mereka dapat fokus kembali pada perintah yang bunda sampaikan.

jadi bunda, kunci keberhasilan mengajar di kelas yang terutama adalah KONSISTENSI. pahami bahwa seperti layaknya orang dewasa, anak juga membutuhkan tindakan-tindakan yang konsisten dan berlangsung terus menerus. pengulangan tindakan bagi anak sangat mempengaruhi perilakunya kelak di dalam kelas.

oke, bunda, selamat mengajar ya
have a nice day..

Tidak ada komentar: