Minggu, Januari 15, 2012

tips mendongeng

adakah anak-anak di dunia ini yang tak menyukai dongeng? saya rasa tidak ada ya. oleh karenanya sebelum memulai aktivitas PAUD biasanya saya membacakan sebuah cerita. dongeng yang saya bacakan bisa berupa fabel atau cerita anak, yang penting sesuai dengan materi yang akan kami pelajari hari itu.

sebetulnya mendongeng itu bukan satu hal yang sulit kok, bunda. berikut beberapa tips ya :
  1. pilih cerita yang tidak terlalu panjang, estimasi waktu kurang lebih 5menit saja, lebih dari itu anak akan bosan
  2. gunakan intonasi suara yang berbeda-beda. bila harus menangis, tirukan. bila harus berbisik, lakukan.
  3. mendongeng akan sangat menarik bila membawa alat bantu baik itu boneka atau sekedar buku cerita.
  4. tak ada salahnya bila di tengah dongeng bunda mengajak mereka bernyanyi. tapi lagunya harus sesuai dengan cerita yang dibaca ya.
  5. sambil memegang buku cerita, pandangan mata tetap berkomunikasi dengan siswa, supaya ketika anak mulai resah bunda bisa langsung mengalihkan kembali perhatiannya.
  6. sebentar-sebentar hentikan cerita, lontarkan pertanyaan pilihan seperti ya/tidak ; sudah pernah/belum ; besar/kecil, dll
  7. selalu akhiri cerita dengan kesimpulan dan pertanyaan yang menegaskan kembali inti dari cerita yang dibacakan.
ditengah-tengah mendongeng, bagaimana bila ada seorang atau 2 orang siswa yang tak mau mendengar cerita lalu menggoda teman-temannya? jangan panik, bun. hentikan cerita sebentar (hanya sebentar ya) lalu hampiri siswa. katakan bahwa saat itu ia harus mendengar suara bunda dulu. bila perlu pindahkan tempat duduknya. bila anak tetap ingin bermain biarkan si kecil keluar dan bermain dengan bundanya sebentar. setelah itu lanjutkan kembali ceritanya. jangan biarkan rasa ingin tahu 10 orang siswa anda jadi terganggu hanya karena 1-2 anak yang rewel atau mencari perhatian.

catatan : saat menghentikan cerita jangan terlalu lama ya, bunda, keburu anak nggak tertarik lagi mengikuti jalan ceritanya.

mudah bukan? selamat mendongeng ya :)

Tidak ada komentar: