Selasa, April 03, 2012

jangan takut kehabisan materi mengajar

suatu ketika seorang bunda paud bertanya, bagaimana bila waktu mengajar kita masih panjang dan saya nggak punya materi lagi untuk diajarkan? 
*lah, kok bisa?*

bunda, mungkin suatu kali kita pernah menghadapi masalah yang sama, tapi tahukah anda bahwa ada begitu banyak sumber disekeliling kita yang bisa kita manfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar di kelas? nggak percaya? nih ya caranya, 

baca buku 
menurut teori, banyak membaca membuat kita jadi banyak tahu. ini teori yang nggak salah. bener banget. nggak ada salahnya kita membaca buku supaya kita bisa tahu apa saja yang bisa kita contek sebagai bahan pengajaran kita. memang tidak semua materi dalam sebuah buku bisa kita terapkan, tapi dengan membaca banyak buku kita bisa dapatkan berbagai materi yang bahkan bisa cukup untuk kebutuhan mengajar kita selama 1 tahun *nah, hebat kan*

tentu saja membaca bukan dalam artian hanya membaca buku teks yang tebal dan berat itu saja loh, membaca lewat googling di internet itu juga masuk dalam kebiasaan membaca. jadi gunakan waktu luang anda untuk banyak membaca ya. termasuk membaca tulisan saya, hehe :)

lihat sekeliling
biasanya kalo otak sudah buntu, saya suka jalan-jalan ke koperasi sekolah dan melihat semua barang-barang di sana. biasanya setelah looking around sebentar bisa muncul sebuah ide, ting, besok saya mau kasih materi yang ini. yang mana? yang mana saja, misalnya kalo saya lihat benang bol, maka pikiran saya spontan “kenapa kita nggak ajarkan anak-anak menyulam ya?” atau ketika saya melihat kertas kado yang lucu tiba-tiba saja terpikir, kenapa kita nggak belajar klasifikasi pake gambar yang itu ya? dan lain-lain yang benar-benar bisa memberi ide yang bagus buat kita. coba deh :)

harus kreatif
mengapa harus? supaya anak tidak bosan mengerjakan tugas yang sama terus setiap minggu. bunda bisa mengatur kegiatan mereka, hari ini menempel, besok menyobek, besok lagi mengecap, besoknya besok lagi mewarnai, begitu seterusnya hingga kegiatan tidak monoton. dengan demikian anak-anak benar-benar dapat menikmati setiap menit keberadaan mereka di sekolah. 

ok, bunda, jangan takut kehabisan materi mengajar lagi yaa..
happy teaching :)

Tidak ada komentar: