Sabtu, April 21, 2012

permainan dalam ruangan : pengisi waktu luang sebelum pulang (kelas PAUD besar)

saat siswa selesai mengerjakan tugas rutin mereka dan ternyata masih ada waktu tersisa, apa yang harus dilakukan?

jangan cemas, bunda mungkin bisa memakai beberapa kegiatan seperti di kelas kami :)

freeze!
percayalah permainan ini sangat disukai anak-anak. yang perlu bunda lakukan hanya keluar dari kursi dan mulai bergerak ke sana kemari kemudian teriakkan FREEZE! atau JADI PATUNG! dan saksikan bagaimana anak-anak bisa menjadi sangat kegirangan menikmati aktivitas ini. satu tips, setiap meneriakkan freeze! bunda bisa melakukan banyak gaya dan biarkan para siswa mengikuti gerak anda (semakin aneh gayanya anak-anak semakin suka dan semakin tak ingin berhenti) hehe, dicoba ya..

jadi apa??
ini satu permainan yang hampir setiap saat kami lakukan. yang harus bunda teriakkan hanya JADI APA?? dan biarkan anak menyebut gaya apa saja yang ingin mereka tirukan saat itu. di kelas kami anak-anak selalu menyukai menjadi sepeda motor atau menjadi buaya atau ayam. berlarian di kelas? tak masalah, anak-anak sangat menikmatinya.

pegang (ini!)
permainan ini bisa dimainkan sambil duduk melingkar. saat bertepuk tangan bersama, bunda bisa tiba-tiba meneriakkan kata, PEGANG HIDUNG! bagi anak-anak, membagi perhatian antara tepuk tangan dan tiba-tiba harus memegang hidung bisa jadi pemandangan yang sangat menggelikan. namun sesungguhnya permainan ini dapat mengajarkan anak untuk terus bisa fokus dan berkonsentrasi di kelas.

Tidak ada komentar: