Jumat, Juni 29, 2012

sedikit tentang ilmu perpustakaan : jangan pernah takut melakukan kesalahan

menghadiri seminar perpustakaan selalu memberi saya satu pengalaman baru (baca : hadir sebagai peserta, bukan sebagai pembicara hehe). pada saat-saat demikian saya selalu diberi kesempatan oleh Tuhan untuk bertemu dengan orang-orang yang dalam tanda kutip "kebingungan." mengapa? karena banyak tenaga pustakawan di tingkat sekolah (sd, smp, sma) itu tidak memiliki background pendidikan tentang ilmu perpustakaan. akibatnya, banyak perpustakaan yang salah kelola atau bahkan tidak pernah diperhitungkan keberadaannya *sedih*

menurut pengalaman, banyak bapak/ibu pengelola perpustakaan belum mengenal sistem pengaturan perpustakaan yang benar. artinya benar secara sistematis dan menurut aturan. bukan sekedar baik doang. ketika mereka sadar telah melakukan kesalahan, biasanya mereka selalu kebingungan dan parahnya tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kesalahan tersebut. akibatnya mereka tidak melakukan apa-apa dan yang salah akan semakin banyak salahnya (sebagai akumulasi dari kegiatan yang salah sebelumnya).

kesalahan yang dilakukan bisa berarti kekeliruan pengindukan, klasifikasi, pengolahan, dan lain-lain mulai hal yang remeh hingga hal yang benar-benar fatal. sekedar memberi saran selalu saya katakan bahwa "janganlah kita terlalu dipusingkan dengan banyak kesalahan yang sudah terjadi. yang sudah salah sementara biarkan salah saja. kalau bapak/ibu punya waktu luang, tinggal dibetulkan menggunakan cara yang benar. jangan dianggap beban. nanti malah nggak akan terselesaikan." entah mengapa jawaban ini justru seringkali melegakan banyak orang. ketika seseorang diingatkan bahwa setiap hal yang salah itu selalu bisa dikembalikan menjadi satu hal yang benar, itu bisa sedikit melegakan pikiran. dengan demikian yang bersangkutan akan segera mengatur strategi bagaimana untuk melakukan perbaikan yang dibutuhkan. secara bawah sadar ini namanya menumbuhkan rasa percaya diri.

secara pribadi saya termasuk tipe orang yang nggak pernah takut melakukan kesalahan. sebab menurut hemat saya, kita bahkan tidak akan pernah bisa memahami mana hal yang benar bila tak pernah melakukan kesalahan, bukan? jadi jangan pernah takut salah!!

satu hal yang harus kita lakukan ketika kita sudah melakukan hal yang tidak sesuai secara sistem yang benar adalah mencari dimana akar permasalahannya. jangan keburu membayangkan bagaimana ribetnya proses pembetulan itu. kerjakan santai saja. tentukan target waktu yang realistis. nggak usah muluk-muluk biar tidak terlalu kecewa. asal tetap fokus bahwa pada akhirnya semuanya harus kembali pada jalurnya. 

untuk paud, anda bisa tetap belajar satu hal dari kejadian ini.
dalam menyusun kegiatan, bunda bisa bereksperimen dengan berbagai cara.
saya ulang ya, jangan pernah takut salah.
kurikulum paud non formal itu semakin berubah semakin menunjukkan kedinamisannya.
jadi tidak monoton itu-itu saja.
semakin bervariasi bunda akan tahu di bagian-bagian mana yang harus lebih digali.

semoga bermanfaat ya, bunda :)



Tidak ada komentar: