Senin, Juli 09, 2012

tips kegiatan menempel : selalu berikan pilihan


suatu ketika seorang bunda bertanya, mengapa saat kegiatan menempel, 
gambar tidak langsung dibagikan saja? 
mengapa harus  membuat anak berdesakan maju ke depan untuk mengambil sendiri gambarnya? bukankah itu tidak tertib namanya?

pertanyaan ini memang tidak sepenuhnya salah ya, bunda, 
hanya saja kadang siswa perlu belajar tentang sesuatu melalui kegiatan ini.

dalam kegiatan menempel satu hal yang bunda bisa lakukan adalah memberi kesempatan bagi siswa anda untuk memilih gambar atau bentuk yang tepat sesuai yang bunda inginkan. sediakan beberapa gambar di atas meja, setelah memberi beberapa instruksi beri waktu pada siswa untuk maju dan memilih gambar sesuai perintah. jangan berusaha untuk memberitahu mana jawaban yang benar. biarkan anak memilih sesuai dengan keyakinan mereka. dalam hal ini bunda nantinya dapat menilai mana siswa yang mampu menyerap materi anda dengan baik dan mana yang belum. bagaimana bila anak melakukan kesalahan? jangan terburu memberinya gambar yang benar, tuntun siswa kembali ke meja depan dan beri pengertian sekali lagi. biarkan anak untuk berpikir sejenak dan memilih gambar yang benar-benar tepat.

memberi pilihan bagi anak bukan selalu merupakan satu hal yang buruk. biarkan anak memiliki kehendak yang bebas untuk memilih sesuai apa yang diyakininya. sebab anak juga bisa belajar melalui apa yang dipilihnya. jangan terburu memilihkan mana jawaban yang benar sebelum mereka mengambil keputusan. biarkan si kecil berdiri di depan dan memutuskan mana yang diyakini sebagai kebenaran. sisi baiknya adalah bahwa pada masa ini buah hati anda dapat belajar untuk melatih ketrampilan berpikirnya. semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar: