Rabu, Februari 12, 2014

Bunda, Tidak Ada Tangan Yang Bagus atau Tidak Bagus, Ya



‘Ayo, pake tangan bagus, sayang,’ ujar seorang bunda pada putranya satu ketika saat saya membagikan permen setelah acara PAUD usai.
.
Bunda, mungkin diantara kita menganggap bahwa kata-kata dalam ucapan tadi sudah lazim alias terbiasa terdengar di telinga kita. Namun tahukah anda bahwa ada sedikit kata yang perlu dikoreksi dalam kalimat itu?

Perlu kita pahami kembali bahwa Tuhan menciptakan manusia dan memperlengkapi seluruh bagian tubuhnya dengan sangat sempurna (menurut pemandanganNya), sehingga ada baiknya bila si kecil tetap mengetahui bahwa sebagaimanapun bentuk tubuhnya, tak ada bagian yang bagus atau tidak bagus kelihatan di matanya maupun di pemandangan orang-orang di sekitarnya. Alih-alih menggunakan istilah ‘tangan bagus’ atau 'tidak bagus', akan lebih bijaksana jika kita memakai kata ‘tangan kanan atau tangan kiri’ saja. Perbedaan kecil ini akan sangat berarti dalam pembentukan nilai-nilai dalam karakter putra putri anda nanti.

Coba bayangkan jika satu ketika putra-putri anda memiliki seorang teman yang kidal tangannya. Karena budaya kita hanya mengenal ‘tangan bagus’ sebagai ‘tangan sebelah kanan’, jangan sampai buah hati anda berkembang dengan pemahaman yang salah bahwa yang bertangan kidal itu adalah seorang yang tidak baik atau seorang yang buruk perangainya, sehingga ia memandang temannya dengan tatapan aneh dan merendahkan. Saya pernah mendapati kejadian ini di kelas (SD) saat beberapa orang menatap heran seorang kawannya yang menulis dengan tangan kidal. Duh, menyedihkan, bukan?

Jadi Bunda, ada baiknya jika kita menyarankan pada orangtua siswa di PAUD anda bagaimana mengutarakan kalimat yang lebih tepat dalam memberi atau menerima sesuatu dari orang lain. Katakan, ‘gunakan tangan kanan, sayang’ dan berusahalah untuk tidak berkata ‘gunakan tangan bagus, sayang,’ maka anda akan memahami betapa besar perbedaan makna diantara ke-duanya. Namun demikian, jangan pula memaksakan si tangan kidal untuk melakukan hal yang sama dengan teman lainnya yang memiliki karunia berbeda.

Satu keuntungan lain saat putra-putri anda sering mendengar kata 'kiri' dan 'kanan' di telinga adalah bahwa tanpa disadari si kecil akan belajar memahami arti kata-kata tersebut sehingga mempermudah mereka dalam menerima arahan dan dapat menggunakan kata-kata itu dalam menyusun kalimat mereka dengan benar.

Semoga bermanfaat ya, bunda.

salam,

leilla

.

Tidak ada komentar: